ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR YOGYAKARTA)

Hananta, Dwi Kurniawan (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR YOGYAKARTA). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
11520241060_Hanantadk.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR YOGYAKARTA) Oleh : Hananta Dwi Kurniawan NIM 11520241060 ABSTRAK Selama ini pengelolaan praktik kerja industri di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta) belum terkelola dengan baik dan belum terkomputerisasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem informasi praktik kerja industri berbasis website di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta) dan mengetahui tingkat kelayakan sistem informasi praktik kerja industri berbasis website di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta) yang dikembangkan dari sisi functionality, reliability, usability dan efficiency. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall, yang terdiri dari analisis, design, Implementation, dan testing. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan framework codeigniter untuk fungsi sistem karena memiliki benchmark yang tinggi, performa yang bagus dan bekerja berdasarkan konsep dasar MVC sehingga lebih mudah dalam pengelolaan sistem. Untuk antar muka sistem menggunakan framework bootstrap yang dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat karena bootstrap bersifat responsive. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kualitas sistem informasi yang dikembangkan menggunakan indikator ISO 9126 yang terdiri dari aspek functionality, reliability, usability dan efficiency. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sistem Informasi Praktik Kerja Industri di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta) dikembangkan menggunakan framework Codeigniter dengan model pengembangan Waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, dan pengujian. Sistem memiliki tiga pengguna yaitu admin/ koordinator prakerin, guru pembimbing, dan siswa dimana masing-masing pengguna memiliki fitur sesuai dengan hak akses yang dimiliki. (2) Hasil pengujian sistem informasi praktik kerja industri diperoleh nilai functionality 1 (Baik), pengujian reliability diperoleh tingkat reliability sebesar 100% menggunakan LoadImpact dan 99.7% menggunakan WAPT8.1, pengujian usability sebesar 76.09% (Tinggi) dengan nilai alpha cronbach sebesar 0.937 (Excellent), pengujian efficiency menggunakan Yslow diperoleh nilai 96.6% (sangat tinggi) dan dengan PageSpeed Insight diperoleh 90.3% (sangat tinggi). Kata Kunci : Sistem Informasi Praktik Kerja Industri, Website, ISO 9126, Waterfall.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item