ANALISIS SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 PADA KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI I BANTUL TAHUN 2015/2016

Sulistiyasari, Ririn (2016) ANALISIS SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 PADA KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI I BANTUL TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ririn Sulistiyasari_12803244022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penerapan Sisitem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan salah satu upaya penjaminan mutu pendidikan. Mutu pendidikan salah satunya dapat dilihat dari kualitas pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 pada kualitas pembelajaran Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru Akuntansi, Ketua Paket Keahlian Akuntansi, QMR, Wakil Kepala Sekolah 1 (urs.Kurikulum), dan Wakil Kepala Sekolah 4 (Humas/hubin) SMK N I Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang dilakukan dalam tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di SMK N 1 Bantul dapat dilihat dari tujuh indikator yaitu : 1.Komitmen pimpinan, 2. Guru atau pengajar yang berkualitas, 3. Kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, 4. Input siswa yang baik, 5. KBM yang bermutu, 6. Ujian dan sertifikat keahlian pada jurusan masing-masing, 7. Lulusan yang mempunyai daya saing. Kualitas pembelajaran Akuntansi ditinjau dari tiga indikator yaitu : 1. Strategi pengorganisasian pembelajaran, 2. Strategi penyampaian pembelajaran, dan 3. Strategi pengelolaan pembelajaran. Strategi pengorganisasian pembelajaran dilakukan guru dengan cara menata bahan ajar, memberikan pokok-pokok materi, membuat rangkuman, menetapkan materi yang akan dibahas, dan memberikan tugas pada siswa. Strategi penyampaian pembelajaran dilakukan guru dengan cara menggunakan berbagai metode, media, dan teknik yang relevan dalam pembelajaran. Strategi pengelolaan pembelajaran dilakukan guru dengan cara memberikan motivasi pada siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran, mengingatkan kompetensi prasyarat, memberikan stimulus, memberikan petunjuk belajar, menimbulkan penampilan siswa, memberikan umpan balik, menilai penampilan siswa, dan menyimpulkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ISO 9001:2008, Kualitas Pembelajaran, SMK.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Jan 2016 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29232

Actions (login required)

View Item View Item