PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TARI SURAKARTA UNTUK SISWA KELAS DELAPAN SMP N 2 GANTIWARNO

Adhitama Nugraha, Chandra (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TARI SURAKARTA UNTUK SISWA KELAS DELAPAN SMP N 2 GANTIWARNO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Chandra Adhitama Nugaha_11105244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dalam pembelajaran Tari Surakarta dengan materi Tari Gambyong Pareanom untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Gantiwarno Klaten. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 2 Gantiwarno yang terdiri dari 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia berbasis macromedia flash dalam pembelajaran Tari Surakarta dengan materi Tari Gambyong Pareanom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, panduan wawancara dan angket kelayakan multimedia. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran Tari Surakarta yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dari uji lapangan dinyatakan layak. Validasi ahli media dilakukan sebanyak 2 tahap. Aspek yang dinilai adalah tampilan, pemrograman, dan pembelajaran. Validasi ahli media tahap pertama, diperoleh kriteria skor rata-rata cukup dan terdapat beberapa masukan untuk dijadikan acuan dalam merevisi produk. Validasi ahli media tahap kedua memperoleh hasil kriteria skor rata-rata baik dan tidak ada masukan untuk direvisi. Tiga aspek yang dinilai pada tahap validasi ahli materi yaitu materi, kesesuaian konsep dan pembelajaran. Validasi ahli materi hanya dilakukan satu tahap dengan penilaian kriteria skor rata-rata sangat baik dan tidak terdapat masukan untuk merevisi produk multimedia. Uji lapangan dilakukan tiga kali yakni uji coba lapangan awal, uji coba lapangan dan uji pelaksanaan. Uji coba lapangan awal melibatkan 4 orang siswa dari kelas VIII B. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh skor 4,7 dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan melibatkan 15 orang siswa kelas VIII B. Hasil uji coba lapangan diperoleh skor 4,6 dan dikategorikan sangat baik. Uji pelaksanaan lapangan melibatkan seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil uji pelaksanaan lapangan diperoleh skor 4,5 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29174

Actions (login required)

View Item View Item