Raditya, Wahyu Angga (2016) HUBUNGAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE GUGUS III SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. S1 thesis, PGSD.
Text
Wahyu Angga Raditya.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman dengan jumlah 178 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota dengan jumlah sampel 125 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana Pearson Product Moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan harga koefisien korelasi rhitung (0,311) > rtabel (0,176) pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah N=125. Harga koefisien korelasi tersebut mengindikasikan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman tahun ajaran 2014/2015. Hal ini memiliki arti bahwa setiap kenaikan variabel minat baca akan mempengaruhi kenaikan variabel prestasi belajar IPS. Kata kunci: minat baca, prestasi belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 04:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29142 |
Actions (login required)
View Item |