Syamsiyah, Erni isti (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivistik Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Pelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Tobelo Halmahera Utara. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-erni-isti-syamsiyah-13708251005.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara pembelajaran konstruktivistik dan pembelajaran konvensional terhadap: (1) pemahaman konsep dan sikap ilmiah, (2) pemahaman konsep, serta (3) sikap ilmiah peserta didik di SMA Negeri 1 Tobelo Halmahera Utara. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tobelo Halmahera Utara pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konstruktivistik dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada pokok bahasan fluida statis sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran konstruktivistik dan pembelajaran konvensional terhadap: (1) pemahaman konsep dan sikap ilmiah, (2) pemahaman konsep, serta (3) sikap ilmiah peserta didik di SMA Negeri 1 Tobelo Halmahera Utara.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran konstruktivistik, pemahaman konsep, sikap ilmiah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 03:05 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28989 |
Actions (login required)
View Item |