Widarsih, Ria (2015) Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru Di Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ria-widarsih-13705251004.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen berdasarkan penilaian dari asesor dan penilaian diri sendiri. Jenis penelitian ini termasuk penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi benchmarking (bangku ukur). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru IPS SMP di kabupaten Kebumen. Pemilihan sampel guru IPS dilakukan dengan propotional random sampling sebanyak 134 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori baik dengan persentase sebesar 88,00%; 2) kompetensi kepribadian guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori amat baik dengan persentase sebesar 93,09%; 3) kompetensi sosial guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori baik dengan persentase sebesar 88,65%; 4) kompetensi profesional guru IPS SMP di Kabupaten Kebumen dalam kategori baik dengan persentase sebesar 79,53%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Dec 2015 04:08 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28950 |
Actions (login required)
View Item |