PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Januria, Muktiningsih (2015) PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KOIRUL IMMAMAH MURDAWANDARI_11101241019 (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas guru di SMP Negeri se Kecamatan Mlati. Profesionalitas guru diketahui dengan melihat penguasaan empat standar kompetensi guru dan dengan melihat pola sertifikasi yang ditempuh oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di SMP Negeri se Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman yang berjumlah 74 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Validitas data menggunakan validitas konstrak. Reliabilitas data menggunakan rumus Croncbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: profesionalitas guru SMP Negeri se Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat baik (86,0%). Hasil tersebut berdasarkan dari perolehan persentase empat kompetensi guru yaitu: 1) kompetensi pedagogik guru pola PLPG berada dalam kategori sangat baik (86,7%), pola portofolio dalam kategori sangat baik (87,8%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori sangat baik (83,3%). 2) kompetensi kepribadian guru pola PLPG berada dalam kategori sangat baik (92,7%), pola portofolio dalam kategori sangat baik (91,9%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori sangat baik (90,0%). 3) Kompetensi profesional guru pola PLPG berada dalam kategori baik (77,1%), pola portofolio dalam kategori baik (76,6%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori baik (76,5%). 4) Kompetensi sosial guru pola PLPG berada dalam kategori sangat (87,2%), pola portofolio dalam kategori sangat baik (87,6%), dan guru yang belum sertifikasi berada dalam kategori sangat baik (84,6%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 17 Dec 2015 08:32
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item View Item