Galih, Mahardhika (2015) MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Galih Mahardhika - 07520244065.pdf Download (969kB) | Preview |
Abstract
MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK Oleh Galih Mahardhika NIM 07520244065 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran perakitan PC berbasis macromedia flash bagi siswa SMK dan mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran perakitan PC berbeasis macromedia flash bagi siswa SMK yang ditinjau dari aspek materi dan media. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R & D). Dalam penelitian ini produk yang dikembangkan berupa software media pembelajaran dalam bentuk Compact Disc (CD) untuk SMK dengan materi perakitan PC. Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan macromedia flash, subyek dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media baik dari dosen dan guru mata pelajaran perakitan PC. Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran maka dilakukan pengujian validitas dengan mengadopsi pendapat dari beberapa ahli (expert judgement). Tahapan analisis data dengan melihat bobot tiap tanggapan atas tiap pernyataan, selanjutnya dilakukan perhitungan persentase skor. Skor akhir yang diperoleh kemudian dikonversi lagi menjadi tingkat kelayakan modul pembelajaran secara kualitatif. Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash disusun sesuai dengan pedoman pembuatan media melalui enam langkah yaitu potensi dan masalah yang terdiri dari kegiatan studi lapangan dan kajian dan kajian stufi pustka, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain dan produk akhir. Hasil dalam penelitian ini mnunjukan bahwa secara garis besar media pembelajaran Menentukan berbasis macromedia flash mata pelajaran perakitan PC layak digunakan sebagai media pembelajaran. Validasi dari ahli materi berupa penilaian dan saran perbaikan yang diperlukan agar aspek materi dari produk yang dikebangkan layak. Penilaian ahli materi memberikan penilaian bahwa media yang dihasilkan sangat layak. Kemudian validasi ahli media diperoleh dengan cara memberikan koesioner yang berisi tentang aspek-aspek tampilan disertai dengan produk media yang dikembangkan kepada ahli media. Validasi ahli media memberikan penilaian bahwa media pembelajaran yang dihasilkan sangat layak Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Perakitan PC
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 03:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28693 |
Actions (login required)
View Item |