PENGEMBANGAN MEDIA KARUTA UNTUK MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V DI GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Hasanah, Rizki Nur (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KARUTA UNTUK MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V DI GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
RIZKI NUR HASANAH_11108244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Karuta yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah berkembangnya kerajaan Islam di Indonesia khususnya untuk kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau biasa disebut R&D (Research and Development). Model pengembangan yang dilakukan mengikuti pada prosedur pengembangan Borg & Gall. Media Karuta Kerajaan Islam di Indonesia yang dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Subjek uji coba pada penelitian ini berjumlah 151 siswa kelas V sekolah dasar di gugus II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara untuk analisis kebutuhan, angket untuk penilaian dari ahli dan siswa, dan juga observasi dari kegiatan uji coba. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif kemudian mengonversikan hasilnya dalam data kualitatif. Hasil pengembangan media Karuta Kerajaan Islam di Indonesia yang dinyatakan “layak” digunakan oleh siswa kelas V di gugus II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yaitu dengan mengikuti sembilan prosedur pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian pengembangan ini meliputi; 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal dengan melakukan wawancara kepada guru kelas V dan studi pustaka, 2) perencanaan dengan merumuskan tujuan khusus media Karuta, 3) pengembangan format produk awal dengan merancang media Karuta Kerajaan Islam di Indonesia kemudian melakukan validasi kepada 2 ahli media dengan hasil rata-rata yang sama sebesar 4,28 yang termasuk pada kategori “sangat baik” dan 2 ahli materi dengan hasil sebesar 4,5 dan 4,67 yang termasuk pada kategori “sangat baik” , 4) uji coba awal kepada 8 siswa dengan hasil rata-rata nilai angket sebesar 4,56 dengan kategori sangat baik, 5) revisi produk dari uji coba awal, 6) uji coba lapangan kepada 49 siswa dengan hasil rata-rata nilai angket sebesar 4,48 dengan kategori “sangat baik”, 7) revisi produk dari uji coba lapangan, 8) uji lapangan kepada 94 siswa dengan hasil rata-rata nilai angket sebesar 4,37 dengan kategori “sangat baik”, dan 9) revisi produk akhir dari uji lapangan. Oleh karena itu, media Karuta Kerajaan Islam di Indonesia dinyatakan “layak” digunakan pada siswa kelas V sekolah dasar di gugus II Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo karena memperoleh nilai lebih dari kategori “Baik” pada masing-masing aspek penilaian. Kata kunci : media karuta dan kerajaan Islam di Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28328

Actions (login required)

View Item View Item