PENGEMBANGAN MATERI AJAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK POKOK BAHASAN MEDAN MAGNET

Pramono, Wisnu Dwi (2015) PENGEMBANGAN MATERI AJAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK POKOK BAHASAN MEDAN MAGNET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
wisnu dwi purnomo.doc

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan materi ajar dengan model PjBL berbasis website, 2) mengetahui respon siswa terhadap materi ajar dengan model PjBL berbasis website. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik MAN Godean. Objek penelitian adalah materi ajar berbasis website dengan model PjBL untuk materi medan magnet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang desainnya diadaptasi dari model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan dan menetapkan kebutuhan perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tahap design dilakukan persiapan media pembelajaran yang dikembangkan. Tahap develop Pada tahap ini media pembelajaran dikembangkan dan divalidasi oleh validator. Validasi dilakukan oleh dosen ahli dan guru fisika serta dilakukan uji terbatas dan uji lapangan masing-masing pada 5 dan 30 peserta didik MAN Godean. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif pada uraian saran dan skor validator terhadap media pembelajaran berbasis website serta analisis deskriptif terhadap angket penilaian respon peserta didik. Hasil penelitian ditinjau dari skor validasi ahli menunjukkan bahwa materi ajar berbasis website (medanmagnet.com) yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran fisika di SMA. Skor validasi ahli sebesar 4,02 yang termasuk kategori baik. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran website adalah baik ditinjau dari skor respon peserta didik sebesar 4,13. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Website, Project Based Learning (PjBL), Medan Magnet

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28183

Actions (login required)

View Item View Item