PEMIKIRAN Y.B. MANGUNWIJAYA TENTANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA TAHUN 1974-1999

RISYANTO, DWI (2015) PEMIKIRAN Y.B. MANGUNWIJAYA TENTANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA TAHUN 1974-1999. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11406244003.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan latar belakang kehidupan Y.B. Mangunwijaya, (2) menganalisis kritik dan konsep pemikiran Y.B. Mangunwijaya, dan (3) menganalisis implementasi pemikiran pendidikan Y.B. Manguwijaya di Sekolah Dasar Eksperimental Kanisius Mangunan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuntowijoyo sejarah kritis yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama ialah menentukan topik penelitian, Tahap kedua ialah heuristic, Tahap ketiga ialah verifikasi, Tahap keempat ialah tahap interpretasi. Tahap terakhir ialah historiografi. Hasil penelitian ini adalah. (1) Keluarga Y.B. Mangunwijaya berasal dari Keturunan Jawa. Pendidikan beliau diawali dari Sekolah Dasar Holland Inlander School (HIS) Magelang sampai dengan Sekolah Tinggi Teknik Rhein Westfalen, Achen Jerman. Perjuangan dalam kemerdekaan beliau diawali dengan bergabung menjadi pasukan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP), (2) Konsep pendidikan Y.B. Mangunwijaya adalah belajar sejati yang memerdekakan manusia. Tujuannya mengembangkan seluruh kemampuan peserta didik untuk berekspolarasi, berkreatifitas, dan integral. Kritikkan yang dilakukan oleh Y.B. Mangunwijaya pada masa Orde Baru dalam pendidikan adalah bentuk masukkan dari sistem dan hasil pendidikan, yang dicapai belum sesuai dengan tujuan pendidikan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak sesuai dengan ketetapan No. IV/MPR/1973 mengenai garis-garis besar haluan negara tentang pendidikan dan pencerdasan bangsa, (3) Pemikiran pendidikan Y.B. Manguwijaya di Sekolah Dasar Eksperimental Kanisius Mangunan adalah menggunakan kurikulum pemerintah sebesar 30% sisanya 70% yang dibuat oleh Y.B. Mangunwijaya dan Dinamika Edukasi Dasar sebagai bentuk pembaharuan pendidikan yang dimulai tahun 1994 sampai dengan 1999. Kata Kunci: Pemikiran Y.B. Mangunwijaya, Pendidikan Sekolah Dasar, 1974-1999, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 11 Nov 2015 01:09
Last Modified: 30 Jan 2019 05:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28130

Actions (login required)

View Item View Item