Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teori Kinetik Gas dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Bekerja Sama, dan Berkomunikasi

Utami, Lestari jati (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teori Kinetik Gas dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Bekerja Sama, dan Berkomunikasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lestari-jati-utami-13706251048.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) karakteristik perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah, (2) kelayakan perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah, (3) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah, dan (4) peningkatan kemampuan berpikir kritis, bekerja sama, dan berkomunikasi peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah research & development (R&D). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model 4-D (four D model). Pengembangan perangkat tersebut dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar respon peserta didik, dan lembar wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA N 1 Sedayu Bantul. Responden dalam penelitian ini sebanyak 69 orang, yang terdiri dari 3 orang validator, 12 peserta didik pada uji coba terbatas dan 54 peserta didik pada uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik peningkatan gain skor peserta didik, kemudian dilanjutkan dengan uji multivariat (MANOVA), dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah : (1) Karakteristik perangkat pembelajaran : (a) RPP yaitu menggunakan sintaks model pembelajaran berbasis masalah serta menerapkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, bekerja sama, dan berkomunikasi, (b) buku pedoman guru dilengkapi dengan petunjuk pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kunci jawaban soal latihan, (c) buku pegangan peserta didik berisi rangkuman materi teori kinetik gas dan soal latihan, (d) LKPD didesain sinkron dengan buku pegangan peserta didik dan RPP, dan (e) instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian, instrumen penilaian kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi berbentuk cek list, (2) perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah layak digunakan, (3) perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah sangat baik untuk proses pembelajaran, serta (4) perangkat pembelajaran teori kinetik gas dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, bekerja sama, dan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, bekerja sama, dan berkomunikasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:17
Last Modified: 09 May 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27976

Actions (login required)

View Item View Item