PENGEMBANGAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS GAME UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI INTI PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Janah, Nurul Miftakhul (2015) PENGEMBANGAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS GAME UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI INTI PADA MATA PELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nurul M J.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model outdoor learning berbasis game yang valid untuk pencapaian Kompetensi Inti materi elastisitas dalam implementasi Kurikulum 2013. Desain penelitian mengadopsi model 4-D menurut Thiagarajan (1974) yang memiliki empat tahap, yaitu: define, design, develop, serta disseminate. Produk yang dikembangan yaitu model outdoor learning berbasis game beserta pedomannya. Berbagai instrumen yang digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi inti dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket respon peserta didik terhadap model, instrumen Kompetensi Inti, dan soal pretest-posttest. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kerja peserta didik. Uji coba produk dilakukan setelah produk tersebut dinyatakan layak oleh validator. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas X MIA 2 SMA N I Imogiri, semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif dilakukan untuk mengetahui penilaian produk yang divalidasi oleh validator. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi inti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa model outdoor learning berbasis game yang telah dikatakan valid oleh dosen ahli untuk pencapaian Kompetensi Inti. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian untuk masing-masing Kompetensi Inti. Berdasarkan Kurikulum 2013, untuk Kompetensi sikap nilai ketercapaiannya B, sedangkan Kompetensi pengetahuan dan keterampilan adalah 2,67 dengan predikat B -. Pada Kompetensi sikap spiritual, rata-rata nilai kelas untuk Kompetensi spiritual adalah 3,08 dengan predikat B. Pada Kompetensi sikap sosial, rata-rata nilai Kompetensi untuk pertemuan I adalah 3,26 dengan predikat Baik dan pada pertemuan II yaitu 3,68 dengan predikat SB yaitu Sangat Baik. Kompetensi pengetahuan diukur berdasarkan akumulasi skor posttest dan LKPD. Rata-rata nilai kelas untuk Kompetensi pengetahuan adalah 2,91 dengan predikat B. Nilai Kompetensi keterampilan kerja ilmiah pada pertemuan I yaitu 3,15 dengan predikat B dan pada pertemuan II adalah 2,69 dengan predikat B -. Secara keseluruhan, keempat Kompetensi Inti telah tercapai. Kata kunci: model outdoor learning berbasisi game, kompetensi inti, elastisitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:30
Last Modified: 01 Feb 2019 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27430

Actions (login required)

View Item View Item