PENGARUH PERUBAHAN KONSENTRASI LARUTAN H2SO4 YANG BERISI LARUTAN NANOPARTIKEL PERAK TERHADAP TEGANGAN KELUARAN DAN KUAT ARUS PADA AKUMULATOR BASAH

Puspa, Mazaya Noveriwa (2015) PENGARUH PERUBAHAN KONSENTRASI LARUTAN H2SO4 YANG BERISI LARUTAN NANOPARTIKEL PERAK TERHADAP TEGANGAN KELUARAN DAN KUAT ARUS PADA AKUMULATOR BASAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
mazaya n_11306141027.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh perubahan konsentrasi H2SO4 terhadap tegangan keluaran dan kuat arus pada akumulator basah, mengetahui pengaruh perubahan konsentrasi H2SO4 yang berisi nanopartikel perak 5 mM terhadap tegangan keluaran dan kuat arus pada akumulator basah dan mengetahui pengaruh penambahan nanopartikel perak terhadap tegangan keluaran dan kuat arus pada akumulator basah. Pengujian tegangan keluaran dan kuat arus aki menggunakan lima variasi konsentrasi H2SO4 yaitu 30%, 28%, 26%, 24%, dan 22%. Pengambilan data tegangan keluaran dan kuat arus menggunakan voltmeter dan ammeter. Tegangan yang terukur merupakan tegangan keluaran dari aki dan kuat arus yang terukur adalah kuat arus yang melalui hambatan 3356 Ω. Membandingkan tegangan keluaran dan kuat arus sebelum dan sesudah ditambahkan nanopartikel perak untuk setiap variasi konsentrasi H2SO4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan konsentrasi H2SO4 mempengaruhi nilai tegangan keluaran dan kuat arus dari aki basah. Semakin rendah konsentrasi H2SO4 maka tegangan dan kuat arus dari aki semakin menurun. Setelah menambahkan nanopartikel perak 5 mM, tenyata belum dapat menaikkan tegangan keluaran dan kuat arus aki. Nanopartikel perak disini berfungsi sebagai katalis namun tidak berlangsung lama, hanya di awal waktu pengukuran saja. Kecenderungan nanopartikel perak yang mudah menggumpal juga menjadi penghambat laju elektron dari anoda ke katoda. Kata Kunci : nanopartikel perak, akumulator basah, konsentrasi H2SO4, tegangan keluaran dan kuat arus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:15
Last Modified: 06 Mar 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item View Item