IMPLEMENTASI PEMBINAAN KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 3 YOGYAKARTA

Mei, Shinta (2015) IMPLEMENTASI PEMBINAAN KEPEMIMPINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
MEI SHINTA_11110244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembinaan kepemimpinan siswa yang dilihat dari aspek pelaksanaan, kendala, dan upaya yang dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 1 Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, 3 Wakil Kepala Sekolah, 2 guru, dan 3 siswa. Objek penelitian adalah implementasi pembinaan kepemimpinan siswa yang berfokus kepada pelaksanaan, kendala, dan upaya yang dilakukan sekolah. Penelitian yang bertempat di SMA Negeri 3 Yogyakarta ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Implementasi pembinaan kepemimpinan siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta dilaksanakan melalui konsep School of Leadership. Program sekolah yang mendukung School of Leadership terinternalisasi dalam KBM, ekstrakurikuler dan event. Sosialisasi School of Leadership dilakukan melalui media cetak, elektronik, media sosial, dan open house. Sarana prasarana dalam pelaksanaan School of Leadership tidak disediakan secara khusus. Pembiayaan terkait School of Leadership berasal dari sekolah namun masih terbatas. Sekolah belum memiliki tenaga ahli yang expert dalam bidang kepemimpinan. (2) Faktor Pendukung meiputi: (a) pemberdayaan alumni, (b) komitmen sekolah, (c) kultur berorganisasi, (d) komunikasi yang terus dijalin antara warga sekolah, alumni, dan pihak luar yang terkait, (e) kelonggaran perijinan. Faktor Penghambat meliputi: (a) belum ada dokumen acuan pelaksanaan dan pengembangan School of Leadership, (b) SDM, guru masih belum memiliki kualifikasi kepemimpinan yang mendukung School of Leadership, (c) Sulitnya siswa memanajemen waktu dengan baik, (d) Pendanaan terbatas, (e) Kurangnya pemahaman orang tua tentang program sekolah terkait dengan School of Leadership. (3) Upaya yang dilakukan pihak sekolah adalah (a) menyusun acuan pelaksanaan dan pengembangan (b) melakukan rapat koordinasi, rapat pleno, pelatihan, seminar, workshop untuk kepemimpinan guru (c) memotivasi siswa untuk melakukan prioritas kegiatan, (d) memaksimalkan peran komite, alumni, sponsor lain yang tidak terikat, (e) Untuk pemahaman orang tua, sekolah mengadakan pertemuan orang tua siswa tiga bulan sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27220

Actions (login required)

View Item View Item