EVALUASI PROGRAM PAKET B SETARA SMP PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULONPROGO

Roni Anjar Pamungkas, Roni (2015) EVALUASI PROGRAM PAKET B SETARA SMP PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Roni Anjar Pamungkas_07102241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan kesetaraan Paket B yang berusaha Mendeskripsikan: 1) kebutuhan masyarakat dan partisipasi masyarakat terhadap program paket B SKB Kulonprogo. 2) Motivasi, karakteristik warga belajar, karakteristik tutor, kurikulum, pendanaan, sarana dan prasarana Paket B SKB Kulonprogo. 3) Aktivitas warga belajar, strategi pembelajaran dan aktivitas tutor dalam pembelajaraan Program Paket B SKB Kulonprogo. 4) Hasil belajar yang ditimbulkan, kecakapan vokasional warga belajar, serta kebermanfaatan program bagi warga belajar Program Paket B SKB Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek utama peneliti adalah Pengelola, Tutor, Warga Belajar program Paket B. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan mengunakan sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah 1) evaluasi context (konteks) program pendidikan kesetaraan Paket B dapat dikatakan sudah baik, adanya tujuan program pendidikan kesetaraan Paket B, fungsi lembaga, penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan Paket B didasarkan kepada kebutuhan masyarakat, dan adanya indikator ketercapaian program yang jelas dan baik. 2) evaluasi input (masukan) masih kurangnya motivasi warga belajar untuk datang dalam proses pembelajaran. 3) evaluasi process (proses) dapat dikatakan sudah baik strategi pembelajaran sudah mengunakan berbagai macam metode dan teknik selama proses pembelajaran. 4) evaluasi Product (produk) program pendidikan kesetaraan Paket B, masih perlu adanya peningkatan hasil belajar warga belajar dikarenakan hanya 42% warga belajar yang lulus. Serta perlu diadakan kembali kecakapan vokasional yang dulu pernah ada. Kata kunci : Evaluasi Program, Paket B, Sanggar Kegiatan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 05:48
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item View Item