PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN “DAUR BELAJAR” DI SD SALAM (SANGGAR ANAK ALAM) NITIPRAYAN JOMEGATAN NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

M. Saipudin, Gunawan (2015) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN “DAUR BELAJAR” DI SD SALAM (SANGGAR ANAK ALAM) NITIPRAYAN JOMEGATAN NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Gunawan M Saipudin_09105244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran “Daur Belajar” di SD SALAM (Sangga Anak Alam) Nitiprayan Jomegatan Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu pendidik di SD SALAM (Sanggar Anak Alam). Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran model “Daur Belajar” sudah dilaksanakan dengan baik. Kondisi tersebut sesuai dengan pelaksanaan model “Daur Belajar” sesuai dengan teori Vygotsky, yang meliputi: tahap Pembelajaran Sosial, tahap ZPD, tahap masa magang kognitif dan tahap pembelajaran termediasi. Pada tahap pembelajaran sosial kegiatan interakasi menghadirkan peristiwa dan menggali pengalaman peserta didik. Pada tahap ZPD, bersifat pemecahan masalah dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri. Pada tahap masa magang kognitif dilakukan dengan kegiatan berkunjung ke perpustakaan, museum, rumah budaya guna peserta didik menggali pengetahuan dari sumbernya. Pada tahap pembelajaran termediasi tahap ini bersifat menantang namun tetap diawasi dan dibimbing pendidik. Pada tahap persiapan pelaksanaan pembelajaran pendidik di SD SALAM (Sanggar Anak Alam) sudah memahami dan melakukan persiapan pembelajaran dengan baik. Secara teknis, semua pendidik sudah melaksanakan model pembelajaran “Daur Belajar”. Pada proses evaluasi model pembelajaran “Daur Belajar” di SD SALAM (Sanggar Anak Alam) melakukan dengan berbagai macam evaluasi dan sudah berjalan sesuai dengan harapan SD SALAM (Sanggar Anak Alam).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27096

Actions (login required)

View Item View Item