PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH DAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGRI I KARANGMONCOL

Dwi, Wisnu Widiyanto (2015) PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH DAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGRI I KARANGMONCOL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Dwi Wisnu Widiyanto 0952024072.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH DAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGRI I KARANGMONCOL Oleh: Dwi Wisnu Widiyanto NIM. 09520244072 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media interaktif berbasis flash dan media mind map pada mata pelajaran TIK kelas VII di SMP Negri I Karangmoncol. (2) Perbedaan efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis flash dan media mind map terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran TIK di SMP Negri I Karangmoncol. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen, desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII di SMP Negri I Karangmoncol. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling didapatkan kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pada perlakuan kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan media pembelajaran interaktif berbasis flash sedangkan untuk kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan media mind map materi yang diajarkan adalah pengenalan perangkat keras komputer. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis flash dalam pembelajaran TIK pada materi pengenalan perangkat keras komputer terbukti lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan media mind map. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rerata Ngainscore kelas eksperimen sebesar 76,36 % yang termasuk dalam katagori efektif (>76%) dan untuk perhitungan rerata Ngainscore kelas kontrol sebesar 68,36 yang termasuk dalam katagori cukup efektif (56-75 %). Terdapat perbedaan hasil belajar dengan nilai t-hitung sebesar 2,399 yang mempunyai arti t-hitung > t-tabel (1,99897). Dengan demikian, media pemebelajaran interkatif berbasis flash lebih efektif dibandingkan dengan media mind map terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci : efektivitas, media pembelajaran interaktif berbasis flash, media mind map

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Oct 2015 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item