IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA JAWA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Putra, Chandra Adhi (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA JAWA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Chandra Adhi Putra_11108244020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan berbasis budaya Jawa di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Aspek yang diteliti meliputi bentuk, pelaksanaan dan faktor yang berpengaruh dalam pengimplementasian pendidikan berbasis budaya Jawa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan dan orang tua peserta didik tahun ajaran 2014/2015 Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan model Interaktif Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan berbasis budaya Jawa di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa melalui penerapan sistem among yang dikembangkan dalam bentuk: (1) Penerapan pada visi, misi dan tujuan; (2) Penyesuaian pada kurikulum dan materi pendidikan; (3) Pengajaran melalui program pendidikan; (4) Permodelan dan pembiasaan dari pendidik; dan (5) Pengkondisian sarana dan lingkungan. Faktor pendukung adalah 1) latar belakang sekolah, 2) peraturan dari dinas dan pemerintah daerah, 3) penyediaan fasilitas, dana dan tenaga pendidik dari yayasan, 4) dukungan komite dan orang tua peserta didik dalam hal materiil dan non materiil, 5) managemen sekolah yang baik, 6) mayoritas peserta didik berasal dari masyarakat Jawa, dan 7) lingkungan sekolah di kompleks perguruan Tamansiswa. Faktor penghambat adalah 1) belum adanya pendidik ahli untuk pelajaran batik, 2) belum adanya pedoman baku pelaksanaan, 3) minat peserta didik sering berubah-ubah, 4) kekurangsiapan pendidik mengembangkan materi untuk peserta didik ABK, dan 5) kurang maksimalnya pemanfaatan media belajar. Kata kunci: pendidikan berbasis budaya Jawa, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26525

Actions (login required)

View Item View Item