PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Nur Aziza, Arfiana (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Klaten tahun ajaran 2014/2015, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Klaten tahun ajaran 2014/2015, 3) pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Klaten tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten. Sampel penelitian berjumlah 113 siswa diambil dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibuktikan dengan nilai koefisien garis positif sebesar 0,066, nilai t sebesar 4,795, dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 2) terdapat pengaruh positif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibuktikan dengan nilai koefisien garis positif sebesar 0,117, nilai t sebesar 6,056, dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 66,770 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinan sebesar 0,548. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibandingkan kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26519

Actions (login required)

View Item View Item