PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN SURYODININGRATAN II YOGYAKARTA

Sutanti, Theresia (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN SURYODININGRATAN II YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Theresia Sutanti_11108244092.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Suryodiningratan II Yogyakarta dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe index card match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis & Taggart yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di SDN Suryodiningratan II Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Validasi instrumen penelitian menggunakan validasi isi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Suryodiningratan II Yogyakarta, dengan hasil: a) skor ratarata motivasi belajar IPS siswa pada siklus I sebesar 2,83 meningkat sebesar 0,22 menjadi 3,15 pada siklus II, dan b) nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa pada pra tindakan sebesar 60 dengan 10 siswa (43,47%) yang mencapai nilai ≥65 meningkat sebesar 11,36 menjadi 71,36 dengan 17 siswa (73,91%) yang mencapai nilai ≥65 pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa meningkat sebesar 8,87 menjadi 80,23 dengan 20 siswa (86,95%) yang mencapai nilai ≥65. Kata kunci: index card match, motivasi belajar IPS, prestasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26474

Actions (login required)

View Item View Item