nugroho, Damar Dwi Cahyo (2015) Kajian Model-Model Pembelajaran Sejarah di SMA PIRI 1 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi Full 08406244007.swf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan yang dimulai dari proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kepada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui model pembelajaran sejarah di SMA PIRI 1 Yogyakarta 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA PIRI 1 Yogyakarta 3) mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaan sejarah SMA PIRI 1 Yogyakarta 4) mengetahui kendala, kelemahan, kekurangan, dan kelebihan apa saja yang ada di SMA PIRI 1 Yogyakarta dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan demonstrasi. Pemeriksaan keabsahaan data menggunakan Triangulasi sumber dan metode. Analisis penelitian yang dilakukan menggunakan teori Milles and Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Model pembelajaran sejarah yang digunakan di SMA 1 PIRI Yogyakarta merupakan model pembelajaran diskusi dan presentasi. 2). Pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan adalah dimana guru menjelaskan secara garis besar materi yang akan disampaikan dan selanjutnya siswa mengeksplor lebih dalam materi yang disampaikan namun tetap dalam pengawasan guru. 3). Tingkat keberhasilan dari model pembelajaran diskusi dan presentasi cukup baik karna siswa lebih mandiri dan lebih mudah dalam menyerap informasi yang didapat sehingga hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru mendapatkan hasil yang baik. 4) Kelemahan dari model pembelajaran diskusi dan presentasi ini yaitu tidak semua siswa memiliki skil dalam menyampaikan informasi dengan baik sehingga tidak semua infomasi bisa dipahami langsung oleh siswa lain. Kendala, kelemahan, kekurangan, dan kelebihan dari model pembelajaran diskusi presentasi ini adalah siswa bisa berlatih lebih mandiri dan kreatif dalam mencari ilmu serta akan lebih cakap dalam berkomunikasi. Kata kunci : model pembelajaran Sejarah SMA PIRI 1 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 03:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26446 |
Actions (login required)
View Item |