Peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Study Kasus Pengembangan Pariwisata di Sekitar Candi Borobudur Pasca Erupsi Merapi Tahun 2013)

Yulianto, Luky Feri (2015) Peranan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Study Kasus Pengembangan Pariwisata di Sekitar Candi Borobudur Pasca Erupsi Merapi Tahun 2013). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 08401244040.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata di sekitar Candi Borobudur pasca erupsi Merapi, 2) Faktor-faktor yang menghambat pemberdayaan masyarakat dan pengembangan pariwisata, 3) Upaya apa saja yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang untuk menghadapi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini di tentukan dengan purposive. Subjek penelitian ini adalah pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang yang mempunyai kewenangan dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Kabupaten Magelang yang menangani Candi Borobudur pengelola Candi Borobudur para pedagang yang ada di sekitar Candi Borobudur. Masyarakat sekitar Kecamatan Borobudur.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) PerananPemerintah Daerah Kabupaten Magelang melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata di sekitar Candi Borobudur pasca erupsi Merapi dilakukan dengancara memobilisasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata dan mengoptimalisasikan manajemen pengelolaan pariwisata. 2) Faktor-faktor yang menghambat Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dalam memberdayakan masyarakat melalui pengembangan pariwisata di sekitar Candi Borobudur pasca erupsi Merapi yaitu; a) aspek promosi dan aspek masyarakat.3)Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang untuk menghadapi hambatan-hambatan dalam memberdayakan masyarakat melalui pengembangan pariwisata di sekitar Borobudur pasca erupsi Merapi yaitu lewat pembentukan kelompok usaha kecil dan menengah dan adanya sistem bagi hasil bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 18 Sep 2015 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item View Item