KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG

Munawarah, Jannatul (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi JANNATUL MUNAWAROH.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar dengan menggunakan teknik Two Stay Two Stray dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional (2) keefektifan penggunaan teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang yang berjumlah 293. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas X Mia 4 yang terdiri dari 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia 6 yang terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2,439) lebih besar daripada (2,000), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar dengan teknik Two Stay Two Stray dan yang diajar dengan teknik konvensional. Bobot keefektifan sebesar 9%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Two Stay Two Stray lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang dibandingkan dengan teknik konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan teknik Two Stay Two Stray dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik, Two Stay Two Stray, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item