IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ADITYAWARDHANA, OKI (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Oki Adityawardhana.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 melalui Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Yogyakarta yang beralamat di jalan Cornelis Simanjuntak Nomor 2 Yogyakarta pada bulan Mei 2015. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase berupa perhitungan tes hasil belajar dengan hasil observasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Hasil belajar ranah kognitif meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kognitif siswa sebesar 81,41 atau 16 siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 83,62 atau 21 siswa telah mencapai KKM. 2) Hasil belajar ranah afektif siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 8 siswa telah mencapai kategori sangat baik atau baik dan meningkat menjadi 20 siswa pada siklus II. 3) Hasil belajar ranah psikomotor siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 10 siswa telah mencapai kategori sangat baik atau baik dan meningkat pada siklus II menjadi 21 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar, Kognitif, Afektif, Psikomotor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Sep 2015 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item View Item