Pengembangan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Sikap terhadap IPA, Pemahaman Konsep, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs

Handayani, Tri Okvita (2015) Pengembangan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Sikap terhadap IPA, Pemahaman Konsep, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-okvita-handayani-13708259034.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media permainan monopoli IPA, 2) mengetahui kelayakan dan keefektifan media permainan monopoli dalam meningkatkan sikap terhadap IPA, pemahaman konsep, dan kemampuan berpikir kreatif siswa MTs. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model yang diadaptasi dari Borg & Gall (1991). Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Khairiyah, Bekasi. Subjek uji coba terbatas sebanyak 12 siswa kelas IX.1 dengan rincian empat siswa kemampuan tinggi, empat siswa kemampuan sedang, dan empat siswa kemampuan rendah. Uji lapangan menggunakan dua kelas yaitu kelas VII.3 (27 siswa) sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media permainan monopoli IPA. Kelas VII.2 (29 siswa) sebagai kelas kontrol, yang pembelajaran tidak menggunakan media permainan monopoli IPA. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi media untuk ahli materi, ahli media, teman sejawat, dan siswa untuk mengetahui kualitas media permainan monopoli IPA; lembar angket sikap untuk mengetahui keefektifan media permainan monopoli IPA dalam meningkatkan sikap terhadap pembelajaran IPA; serta lembar tes pilihan majemuk dan uraian untuk mengetahui keefektifan media permainan monopoli IPA dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa seperangkat media permainan monopoli IPA dengan kategori “Sangat Baik” dari hasil penilaian ahli media, ahli materi, teman sejawat, dan siswa. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa media permainan monopoli yang dikembangkan dapat meningkatkan sikap positif terhadap IPA, pemahaman konsep, dan kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian media permainan monopoli IPA yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA di kelas VII pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media permainan monopoli, sikap terhadap IPA, pemahaman konsep, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item