Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Berbasis Inkuiri untuk Mengukur Keterampilan Proses IPA Peserta Didik MTs Kelas VII

Munawaroh, Siti (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Berbasis Inkuiri untuk Mengukur Keterampilan Proses IPA Peserta Didik MTs Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-munawaroh-13708259018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses berbasis inkuiri yang layak untuk mengukur keterampilan proses IPA, (2) menggunakan instrumen penilaian keterampilan proses yang layak untuk mengukur keterampilan proses IPA peserta didik MTs kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadaptasi model Borg & Gall (1983). Penelitian ini dilaksanakan di MTs N Yogyakarta II. Desain uji coba dilakukan dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan operasional. Subjek uji coba terbatas adalah 34 peserta didik dan uji coba lapangan operasional 66 peserta didik kelas VII MTsN Yogyakarta II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, lembar observasi keterampilan proses melalui unjuk kerja, lembar observasi keterampilan proses hasil unjuk kerja dan soal pilihan ganda beralasan. Statistika Aiken’s digunakan untuk menganalisis validitas instrumen penilaian keterampilan proses oleh validator. Reliabilitas antar observer, validitas soal dan reliabilitas tes pada hasil unjuk kerja dianalisis dengan bantuan program SPSS. Soal PG beralasan dianalisis dengan bantuan program Quest. Penelitian ini menghasilkan: (1) Instrumen penilaian keterampilan proses berbasis inkuiri yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses IPA: (a) berdasarkan penilaian ahli mendapatkan kriteria baik, (b) kualitas secara empiris lembar observasi unjuk kerja memperoleh reliabilitas antar observer kategori baik dengan nilai R sebesar 0,78; lembar observasi hasil unjuk kerja memperoleh validitas dan reliabilitas kategori baik (nilai Cronbach’s Alpha 0,78); soal pilihan ganda beralasan memperoleh validitas dan reliabilitas baik (nilai intenal konsistensi 0,77). (2) Hasil pengukuran keterampilan proses peserta didik: (a) menggunakan lembar obsevasi unjuk kerja dihasilkan kategori sangat tinggi untuk keterampilan peserta didik dalam mengamati, kategori tinggi untuk keterampilan melakukan eksperimen dan mengkomunikasikan, (b) menggunakan lembar obsevasi hasil unjuk kerja diperoleh kategori tinggi untuk keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi variabel, membuat hipotesis, menginterpretasi data, mengklasifikasi, mengkomunikasikan dan membuat kesimpulan, (c) menggunakan soal pilihan ganda beralasan diperoleh kategori cukup tinggi untuk keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi variabel, menginterpretasi data; kategori tinggi untuk keterampilan mengamati, membuat hipotesis, melakukan eksperimen, mengklasifikasi, mengkomunikasikan dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian keterampilan proses, inkuiri, keterampilan proses IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26027

Actions (login required)

View Item View Item