PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN LOKAL AREA NETWORK DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Dhewanti, Indra Murti (2015) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN LOKAL AREA NETWORK DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Dhewanti Indra Murti10502247001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN LOKAL AREA NETWORK DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA Oleh Dhewanti Indra Murti 10502247001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa, (2) Pengaruh Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa, dan (3) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru dalam proses Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Lokal Area Network di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI,sebanyak dua kelas yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulakan data tentang Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reabilitas menggunakan rumus Croanbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Linearitas, dan Mulitikolinearitas. Pengujian hipotesis pertamacdan kedua menggunakan regresi linier dengan satu prediktor, sedangkan pengujian hipotesis keempat menggunakan regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukan: (1) tidak terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa, dibuktikan rx1y= 0,312, r2 x1y= 0,098, thitung = 1,86 dengan ttabel sebesar 2,042. (2) terdapat pengaruh positif Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa, dibuktikan rx2y= 0,557, r2 x1y= 0,310, thitung = 3,789 dengan ttabel sebesar 2,042. (3) terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa, dibuktikan Ry(12) = 0,558, R2 y(123) = 0,311, Fhitung = 6,99 dengan Ftabel sebesar 4,16.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25982

Actions (login required)

View Item View Item