Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium IPA di MTs Negeri Kabupaten Kebumen untuk Menyelenggarakan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach

Nirsam, Nirsam (2015) Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium IPA di MTs Negeri Kabupaten Kebumen untuk Menyelenggarakan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nirsam-13708259002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan keefektifan pemanfaatan laboratorium IPA MTs Negeri Kabupaten Kebumen untuk menyelenggarakan pembelajaran berbasis scientific approach. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi dan data penelitian diperoleh dari kepala madrasah, guru, kepala laboratorium dan peserta didik. Penelitian dilakukan di lima MTs Negeri Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Instrumen pengumpulan data divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Dalam hal ketersediaan sarana prasarana laboratorium IPA, rerata skor aspek prasarana 29,20 (81,11%) kategori baik dan aspek sarana laboratorium 180,20 (83,43%) kategori sangat baik. Dalam hal keefektifan manajemen laboratorium IPA, rerata skor aspek perencanaan 22,80 (81,43%) kategori sangat baik, aspek pelaksanaan 41,47 (79,75%) kategori baik, dan aspek evaluasi 14,53 (72,67%) kategori baik. Rerata skor unjuk kerja guru IPA 108,80 (77,21%) kategori baik dan keterlaksanaan pembelajaran 38,90 (81,03%) kategori baik. Dengan demikian, laboratorium IPA MTs Negeri Kabupaten Kebumen efektif untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran berbasis scientific approach.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: laboratorium IPA, pembelajaran, scientific approach
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25974

Actions (login required)

View Item View Item