Pengaruh Model Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawa Sulawesi Tenggara

Dede, Ratih Kumala (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawa Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratih-kumala-dede-13708251074.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran kimia materi reaksi oksidasi-reduksi terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, (2) kemampuan berpikir kritis, dan (3) hasil belajar kognitif siswa SMAN 1 Lawa. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain Pretest-posttest with nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Lawa pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Sampel sebanyak 2 kelas dipilih secara acak. Kelas eksperimen diberi perlakuan penerapan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung seperti yang biasa diterapkan oleh guru mata pelajaran kimia di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 jenis tes. Kedua jenis tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah pada materi reaksi redoks. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA) dan independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran kimia materi reaksi redoks terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, (2) kemampuan berpikir kritis, dan (3) hasil belajar kognitif. Penerapan pembelajaran berbasis masalah terbukti memberi pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa SMAN 1 Lawa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, SETS, motivasi, sikap peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25968

Actions (login required)

View Item View Item