Pengembangan Subject Specific Pedagogy Materi Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan Siswa MTs

Sya'ban, Muhammad Fuad (2015) Pengembangan Subject Specific Pedagogy Materi Zat dan Energi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kepedulian Lingkungan Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-fuad-sya'ban-13708259025.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan SSP berbasis keunggulan lokal yang layak dipergunakan dalam meningkatkan literasi sains dan kepedulian lingkungan siswa MTs. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Uji coba SSP dilakukan di MTs Manbaul Ulum, Martapura. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 50 orang siswa kelas VII MTs Manbaul Ulum. SSP diuji berdasarkan experts judgment dan diuji secara empiris di lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, lembar angket, lembar observasi, dan soal tes. Lembar angket dan observasi digunakan untuk mengetahui kepedulian lingkungan siswa. Tes pilihan majemuk digunakan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa. Statistik deskriptif berupa tabel dan diagram digunakan untuk menganalisis validitas SSP dan analisis gain skor untuk menganalisis peningkatan literasi sains dan kepedulian lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah konversi skor ke nilai. Kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa SSP yang telah dikembangkan layak dipergunakan, berdasarkan hasil penilaian validator “sangat baik” dan berdasarkan hasil uji beda antara kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai literasi sains antara dua kelas tersebut yaitu terdapat peningkatan literasi sains siswa menggunakan SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, keunggulan lokal, literasi sains, dan kepedulian lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item View Item