KONFLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PAWESTRI TANPA IDHENTITI KARYA SUPARTO BRATA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Asti, Wiji (2013) KONFLIK INTERNAL DAN EKSTERNAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PAWESTRI TANPA IDHENTITI KARYA SUPARTO BRATA (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wiji Asti 10205247001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud konflik internal dan eksternal yang dialami tokoh utama, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik internal dan eksternal pada tokoh utama, Penyelesaian konflik internal dan eksternal yang terjadi pada tokoh utama yang diambil tokoh dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data penelitian adalah novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata yang di terbitkan oleh Narasi Yogyakarta pada tahun 2010. Fokus dalam penelitian ini adalah permasalahan yang berkaitan dengan konflik tokoh utama yaitu konflik internal dan konflik eksternal .Teknik pengumpulan data di lakukan dengan teknik pembacaan dan teknik pencatatan. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri karena penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pustaka terhadap jenis karya sastra berupa novel yaitu novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Data di analisis dengan teknik analisis deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik dan reliabilitas intrarater dan interrater. Dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Wujud konflik internal dan eksternal tokoh utama, yaitu: (a) konflik internal; hilang ingatan (amnesia), keinginan Pawestri untuk maju, harapan untuk dicintai, ingatan dimasa lalu (b) konflik eksternal yaitu; kebencian, pertengkaran, kecemburuan, pertentangan. Faktor-faktor yang menyebabkan konflik internal dan konflik eksternal tokoh utama, yaitu: (a) konflik internal; penyakit amnesia, kehamilan, imbalan dicintai oleh pasangannya (b) konflik eksternal; fitnah, iri hati. Penyelesaian konflik internal dan konflik eksternal tokoh utama, yaitu: (a) konflik internal; mencari informasi, bekerja diperusahaan (b) konflik eksternal; perdamaian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konflik, tokoh utama, novel pawestri tanpa idhentiti, psikologi sastra
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Sastra Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 03 Sep 2015 07:41
Last Modified: 02 Oct 2020 08:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25835

Actions (login required)

View Item View Item