Retno Ngestiyani, Retno Ngestiyani (2015) PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran, 2) hambatan dalam pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran, dan 3) upaya untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Informan kunci penelitian ini yaitu Kepala Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Sedangkan informan pendukung yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Guru Produktif Administrasi Perkantoran, Teknisi Sekolah, dan 12 siswa Administrasi Perkantoran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan Laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Wates dalam perencanaan pengadaan peralatan dan perlengkapan dilakukan setiap awal semester. Pengorganisasian laboratorium Perkantoran belum maksimal, karena belum ada struktur organisasi secara khusus, sehingga pembagian tugas tidak jelas dan tegas. Pemeliharaan laboratorium kurang maksimal dikarenakan tidak dilakukan rutin. Pengawasan laboratorium belum maksimal karena belum dilakukan rutin dan belum ada standar khusus untuk mengawasi. 2) Hambatan dalam pengelolaan laboratorium Administrasi Perkantoran yaitu terbatasnya anggaran dana sekolah untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan laboratorium, kurangnya koordinasi antar pengelola laboratorium Administrasi Perkantoran, pemeliharaan laboratorium yang kurang baik, dan pengawasan belum maksimal. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pengadaan peralatan dan perlengkapan disesuaikan dengan kebutuhan yang paling mendesak, koordinasi antar pengelola laboratorium dilakukan pada saat bertemu secara face to face, pemeliharaan dilakukan dengan membersihkan alat dan ruangan laboratorium pada saat akan digunakan, serta perbaikan pada alat yang rusak, pengawasan penggunaan dan kondisi peralatan laboratorium dilakukan pada saat laboratorium digunakan untuk pembelajaran. Kata Kunci: Pengelolaan, Laboratorium, Laboratorium Administrasi Perkantoran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi |
Depositing User: | Admin Administrasi Perkantoran FE |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25549 |
Actions (login required)
View Item |