PENGARUH MOTIVASI DAN METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 YOGYAKARTA

Ngatini, Ngatini (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta, (2) pengaruh metode mengajar terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta, dan (3) pengaruh motivasi dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian telah diuji coba pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 di SMKN 7 Yogyakarta dengan jumlah responden 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta dengan jumlah responden 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta dengan nilai rxy sebesar 0,493; r2xy sebesar 0,243; harga thitung > ttabel yaitu 4,461 > 1,998 pada taraf signifikansi 0,05. Motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan sebesar 24,3%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode mengajar terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta dengan nilai rxy sebesar 0,418; r2xy sebesar 0,174; harga thitung > ttabel yaitu 3,620 > 1,998 pada taraf signifikansi 0,05. Metode mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan sebesar 17,4%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Yogyakarta, dengan nilai Rxy sebesar 0,493; dan R2xy sebesar 0,320; harga Fhitung > Ftabel yaitu 14,335 > 3,150 pada taraf signifikansi 0,05. Motivasi dan metode mengajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Mengelola Sistem Kearsipan sebesar 32,0% dengan nilai sumbangan relatif motivasi sebesar 61,3%; sumbangan relatif metode mengajar sebesar 38,7%; sumbangan efektif motivasi sebesar 19,6%; dan sumbangan efektif metode mengajar sebesar 12,4%. Kata Kunci: Motivasi, Metode Mengajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item