PELAKSANAAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 2 MAGELANG

Kennia Utami, Kennia Utami (2015) PELAKSANAAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 2 MAGELANG. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
3 Kennia Utami (11402241004).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi persuasif dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan penyajian data secara persentase. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 85 siswa siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran (diperoleh melalui perhitungan rumus sampel Slovin) serta guru mata pelajaran korespondensi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di SMKN 1 Bantul. Uji coba validitas menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka diperoleh hasil bahwa pelaksanaan komunikasi persuasif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pelaksanaan komunikasi persuasif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa terdapat dalam kategori cukup baik dengan besaran persentase yang diperoleh yaitu sebesar 51,8% atau sebanyak 44 siswa, 42,3% atau 36 siswa menyatakan dalam kategori baik, 3,6% atau 3 siswa dalam kategori sangat baik, dan 2,3% atau 2 siswa menyatakan dalam kategori kurang baik. Pelaksanaan komunikasi persuasif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa ditinjau melalui teknik-teknik komunikasi persuasif yang meliputi teknik asosiasi 44,7% dalam kategori cukup baik, teknik integrasi 44,7% dalam kategori baik, teknik ganjaran 45,8% dalam kategori cukup baik, teknik tataan 45,8% dalam kategori baik, dan teknik red-herring 43,5% dalam kategori cukup baik. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Keaktifan Belajar, Korespondensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25228

Actions (login required)

View Item View Item