PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM DIMENSI FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015

Pamungkas, Desiana Dwi (2015) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM DIMENSI FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Desiana Dwi Pamungkas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015; (2) Pengaruh Kesempatan Menyontek terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015; (3) Pengaruh Rasionalisasi Menyontek terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015; dan (4) Pengaruh Tekanan Akademik, Kesempatan Menyontek, dan Rasionalisasi Menyontek secara bersama-sama terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji Instrumen yang digunakan adalah uji validitas dengan teknik Product Moment Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga, serta Analisis Regresi Ganda Tiga Prediktor untuk menguji hipotesis keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dengan rx1y sebesar 0,314 dan r2x1y sebesar 0,099; (2) Terdapat pengaruh positif Kesempatan Menyontek terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dengan rx2y sebesar 0,414 dan r2x2y sebesar 0,171; (3) Terdapat pengaruh positif Rasionalisasi Menyontek terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dengan rx3y sebesar 0,578 dan r2x3y sebesar 0,334; dan (4) Terdapat pengaruh positif Tekanan Akademik, Kesempatan Menyontek, dan Rasionalisasi Menyontek secara bersama-sama terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015 dengan Ry(1,2,3) sebesar 0,621 dan R2y(1,2,3) sebesar 0,385. Sumbangan Relatif Tekanan Akademik 49,36%, Sumbangan Relatif Kesempatan Menyontek 42,05%, Sumbangan Relatif Rasionalisasi Menyontek 8,59%. Sumbangan Efektif Tekanan Akademik, Kesempatan Menyontek, dan Rasionalisasi Menyontek sebesar 38,5%. Kata Kunci: Dimensi Fraud Triangle (Tekanan Akademik, Kesempatan Menyontek, dan Rasionalisasi Menyontek) dan Perilaku Kecurangan Akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 14 Aug 2015 10:37
Last Modified: 30 Jan 2019 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item