Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Siswa SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Asngadah, Litamia (2015) Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Siswa SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11401244010.swf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengamalan nilai-nilai Pancasila siswa SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi: (1) pengamalan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. (2) pengamalan nilai-nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab. (3) pengamalan nilai-nilai Persatuan Indonesia. (4) pengamalan nilai-nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. (5) pengamalan nilai-nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gamping pada bulan Maret-April 2015. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas X dan kelas XI, guru PKn dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check data dari hasil wawancara antar subjek penelitian yang mengenai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dalam hal pengamalan (1) Nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagaian besar telah melaksanakan (a) ketaatan beribadah dengan baik, (b) ketaatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran sekolah dengan baik, (c) ketaatan mengikuti kegiatan keagamaan dengan baik. (2) Nilai-nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, sebagian besar telah melaksanakan ketaatan terhadap peraturan sekolah dengan baik. (3); nilai-nilai Persatuan Indonesia, sebagian besar siswa kurang mengamalkan nilai tersebut (a) kegiatan membantu teman dalam kesulitan belajar kurang baik, (b) kegiatan sosial kurang baik, dikarenakan kurangnya jiwa sosial dalam membatu antar sesama sehingga menjadi kurangnya interaksi dalam mewujudkan nilai Persatuan antar siswa (4) Nilai-nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, sebagian besar kurang mengamalkan nilai tersebut, dikarenakan kurangnya jiwa bermusyawarah sehingga menyebabkan kurangnya minat siswa terhadap kegiatan yang ada di sekolah. (5) Nilai-nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sebagian besar telah melaksanakan ketaatan dalam bergaul antar teman yang berbeda suku, ras, dan agama dengan baik. Kata kunci: Nilai, Pancasila, Kepribadian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 11 Aug 2015 11:31
Last Modified: 30 Jan 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24758

Actions (login required)

View Item View Item