PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BAGI SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN ASY-SYAMS KULON PROGO

Linda Budi Winarsih, Perdana (2015) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BAGI SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN ASY-SYAMS KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Perdana Linda Budi Winarsih_10105241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flipchart yang layak untuk pembelajaran ilmu tajwid di taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Asy- Syams Kulon Progo. Metode penelitian yang dipakai dalam pengembangan media flipchart untuk pembelajaran ilmu tajwid ini adalah Research and Development dimana langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi enam langkah pokok, yaitu (1) analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi produk, (4) uji coba lapangan terbatas dan revisi produk I, (5) uji coba lapangan kelompok kecil dan revisi produk II, (6) uji coba lapangan kelompok luas dan produk akhir. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media untuk menilai produk awal dan melakukan revisi sesuai saran para ahli. Selanjutnya produk diujicobakan kepada santri kelas Al-Qur’an di TPQ Asy- Syams Kulon Progo, 2 santri pada uji coba lapangan terbatas, 5 santri pada uji coba lapangan kelompok kecil, dan 15 santri pada uji coba lapangan kelompok luas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa panduan wawancara, panduan observasi, kamera digital, dan angket lembar penilaian. Hasil uji ahli dan kelayakan produk oleh santri menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rincian: (1) uji ahli materi mendapat skor rata-rata 4,50 rentang X > 4,08 sangat baik; (2) uji ahli media mendapat skor rata-rata 4,29 rentang X > 4,08 sangat baik; (3) uji lapangan terbatas memperoleh skor rata-rata 4,52 rentang X > 4,08 sangat baik; (4) uji lapangan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,53 rentang X > 4,08 sangat baik; (5) uji lapangan kelompok luas memperoleh skor rata-rata 4,51 rentang X > 4,08 sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian dari uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa media flipchart yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran ilmu tajwid di TPQ Asy-Syams Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 31 Jul 2015 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24386

Actions (login required)

View Item View Item