PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) WORDPRESS DI SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG

Batara, Risdanto (2015) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) WORDPRESS DI SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Batara Risdanto-07520241043.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM) WORDPRESS DI SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG Oleh : Batara Risdanto NIM. 07520241043 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan serta efektivitas e-learning berbasis web menggunakan CMS (Content Management System) Wordpress di SMA Negeri 1 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode Allesi & Trollip. Langkah dalam penelitian ini adalah tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Untuk melakukan kelayakan dilakukan validasi ahli media, ahli materi dan uji coba kelompok kecil menggunakan kuesioner. Teknik analisis data untuk kelayakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Menurut penilaian ahli materi, e-learning ini layak digunakan dengan nilai 4,13 termasuk kategori baik. Menurut penilaian ahli media, e-learning ini layak digunakan dengan nilai 4,11 termasuk kategori baik. Sedangkan menurut uji coba kelompok kecil, e-learning ini layak digunakan dengan nilai 4,08 termasuk kategori baik. Dari pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis web menggunakan CMS (Content Management System) Wordpress di SMA Negeri 1 Kota Magelang layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Kota Magelang. Kata kunci : pengembangan, e-learning, berbasis web, Content Management System, metode Alessi & Trollip.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:29
Last Modified: 30 Jan 2019 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24217

Actions (login required)

View Item View Item