STUDI EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Kartikawati, Hepi (2014) STUDI EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah belum diketahuinya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksplorasi dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS UNY Angkatan 2010 yang berjumlah 85 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 (delapan) faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS angkatan 2010 yaitu: (a) Faktor kesehatan mempunyai kontribusi 13,2%; (b) Faktor intelegensi dan bakat mempunyai kontribusi 12,6%; (c) Faktor minat dan motivasi mempunyai kontribusi 12,4%; (d) Faktor cara belajar mempunyai kontribusi 12,0%; (e) Faktor lingkungan keluarga mempunyai kontribusi 13,9%; (f) Faktor lingkungan sekolah mempunyai kontribusi 11,9%; (g) Faktor masyarakat mempunyai kontribusi 13,1%; dan (g) Faktor lingkungan sekitar tempat tinggal mempunyai kontribusi 10,9%. Faktor yang memberikan kontribusi terbesar dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa adalah faktor lingkungan keluarga karena mempunyai persentase tertinggi yaitu sebesar 13,9%, sedangkan faktor yang mempunyai kontribusi terkecil dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa adalah faktor lingkungan sekitar tempat tinggal karena mempunyai persentase terendah yaitu sebesar 10,9%. Kata Kunci: prestasi belajar, mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:12
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item