PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Indriyani, Indriyani (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan tahap pengembanan media pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan menggunakan Macromedia Flash 8, (2) menguraikan tingkat kelayakan media pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian untuk siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan menggunakan Macromedia Flash 8 menurut ahli materi, ahli media, dan siswa, (3) mengetahui pengembangan media pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK N 1 Yogyakarta dengan menggunakan Macromedia Flash 8. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (researh and development) media pembelajaran divalidasi oleh ahli kemudian di uji cobakan kepada siswa yaitu uji coba awal dan uji coba utama di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Data analisis teknik pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran akuntansi yang telah dikembankan dinilai dari ahli (a) ahli materi menyatakan bahwa materi pembelajaran dari Aspek Isi, Tujuan, dan Desain Pembelajaran mendapatkan nilai 4,74 yaitu termasuk kategori sangat layak, (b) ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran mendapatkan nilai 3,60 yaitu termasuk kategori layak, (c) uji coba awal menyatakan bahwa media pembelajaran secara materi, dan media mendapatkan nilai 4,03 yaitu termasuk kategori layak, (d) uji coba utama menyatakan bahwa media pembelajaran dari aspek materi dan media mendapat nilai 4,13 yaitu termasuk kategori layak. (2) media pembelajaran akuntansi dengan menggunakan macromedia flash 8 sebagai media pembelajaran terbukti meningkatkan minat belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian, hal ini terbukti dengan rata-rata minat belajar awal siswa adalah 73,26% sedangkan minat belajar akhir siswa dengan menggunakan media pembelajaran akuntansi rata-rata minat belajar siswa adalah 86,56%. Kenaikan sebesar 13,30% dengan hasil paired t test sebesar -6.166, hal ini menunjukan jika ada perbedaan peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran akuntansi dengan menggunakan macromedia flash 8. Kata kunci : media pembelajaran akuntansi, macromedia flash 8, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item View Item