KARAKTERISTIK DAN PERMASALAHAN PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA HARRY DALAM ROMAN DER STEPPENWOLF KARYA HERMANN HESSE: PENDEKATAN PSIKOANALISIS

Bedewoda, Gisela Aventia (2015) KARAKTERISTIK DAN PERMASALAHAN PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA HARRY DALAM ROMAN DER STEPPENWOLF KARYA HERMANN HESSE: PENDEKATAN PSIKOANALISIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Gisela Aventia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik tokoh Harry dalam roman Der Steppenwolf Karya Hermann Hesse, (2) permasalahan psikologis yang dialami tokoh Harry dalam roman Der Steppenwolf Karya Hermann Hesse, dan (3) upaya tokoh Harry untuk menyelesaikan permasalahan psikologis yang dialaminya dalam roman Der Steppenwolf Karya Hermann Hesse. Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan psikologis. Data penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat dalam roman Der Steppenwolf karya Hermann Hesse yang mengandung unsur psikologis. Sumber data penelitian ini adalah ebook roman Der Steppenwolf karya Hermann Hesse dengan penerbit Suhrkamp tahun 1927, yang diunduh melalui internet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan teknik baca dan catat. Keabsahan data penelitian ini adalah validitas semantis dan expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Karakteristik tokoh Harry; (a) ciri lahiriah, yakni lelaki dewasa, berusia lima puluh tahun, rambutnya pendek, memiliki gangguan pada kaki (b) ciri sosiologi, membenci kaum borjuis, bercerai, memiliki kekasih, intelek, tidak memiliki pekerjaan (c) perilaku, suka membaca buku, sering minum minuman keras, berbicara dengan sopan (d) pikiran dan perasaan, idealis, menyukai musik klasik, cerdas. (2) Permasalahan psikologis yang dialami tokoh Harry adalah gangguan depresi, gangguan bipolar dan gangguan kecemasan. (3) Upaya tokoh Harry untuk menyelesaikan masalah psikologis yang dialaminya adalah rasionalisasi, represi, sublimasi, pengalihan, fantasi, proyeksi, apatis, reaksi formasi dan fiksasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permasalahan psikologis, roman der steppenwolf, pendekatan psikoanalisis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 Aug 2015 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item