PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DI DESA SINDUHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Yusniati, - (2015) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DI DESA SINDUHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yusniati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan Taman Kanak-kanak di Desa Sinduharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Sumber informasi utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak di Desa Sinduharjo serta sumber informasi pendukung yaitu masyarakat yang terdiri dari orang tua, warga sekitar dan Kepala Desa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan tiangulasi data. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak-pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan Taman Kanak-kanak di beberapa Taman Kanak-kanak di Desa Sinduharjo antara lain orang tua, komite sekolah, takmir masjid, remaja masjid, warga sekitar, penerbit buku, dan pihak kelurahan desa Sinduharjo. Wujud partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan pendidikan Taman Kanak-kanak di desa Sinduharjo berupa dana, barang, tenaga, dan pemikiran. Di sisi lain di beberapa Taman Kanak-kanak, penyelenggaraan pendidikan berjalan karena kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi seperti iuran SPP dan bantuan wajib lainnya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 15 Jul 2015 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23560

Actions (login required)

View Item View Item