PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL

Anisaunnafi’ah, Rifka (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rifka Anisaunnafi’ah NIM 11108244021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV SD Negeri Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Nonequivalen Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri Grojogan dengan jumlah 31 siswa kelas IVA dan 30 siswa kelas IVB. Kelas IVB merupakan kelas eksperimen diberi perlakuan model Problem Based Learning sedangkan kelas IVA merupakan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar sebagai data utama dengan didukung lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan skor rata-rata post test skala motivasi belajar dengan bantuan SPSS 20 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan rata-rata skor skala motivasi. Rata-rata skor pretest skala motivasi belajar kelompok eksperimen yaitu 75,57, sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 75, 26. Rata-rata skor posttest skala motivasi belajar pada kelas eksperimen yaitu 87,57, sedangkan rata-rata skor posttest skala motivasi kelas kontrol yaitu 78,77. Dari data tersebut, terlihat rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Selain itu, hasil pengkategorian rata-rata posttest skala motivasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, kelas eksperimen dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol dengan kategori sedang. Kata kunci: problem based learning, motivasibelajar IPS, siswakelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23487

Actions (login required)

View Item View Item