PENINGKATAN PENGUASAAN BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DENGAN PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Arif, Muttaqin (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DENGAN PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Arif Muttaqin 09520244031.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PENGUASAAN BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DENGAN PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES Disusun Oleh : Arif Muttaqin NIM. 09520244031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan penguasaan belajar pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dengan pemanfaatan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates, 2) mengetahui tanggapan siswa mengenai pemanfaatan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter untuk pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi KKPI oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest) untuk data hasil belajar siswa dan kuisioner untuk tanggapan pemanfaatan jejaring sosial. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan konstruk dengan meminta pendapat dari para ahli (Experts Judgment) dan validitas kriteria dengan menggunakan korelasi product moment. Uji persyaratan analisis data penelitian dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene. Uji hipotesis data gain tes menggunakan uji perbedaan dua rata-rata Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji hipotesis Mann- Whitney menghasilkan data sig. 0,718 > 0,05, maka tidak terdapat peningkatan penguasaan belajar pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dengan pemanfaatan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter. (2) Pemanfaatan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter untuk pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi KKPI oleh siswa dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat interval 78,2 ≤ x < 92,6 yang diisi oleh responden terbanyak yaitu 12 siswa. Artinya belum semua siswa memanfaatkan dengan baik situs jejaring sosial Facebook dan Twitter dalam pembelajaran KKPI. Kata kunci: facebook, twitter, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item View Item