Marheni, Prihatiningsih (2012) PERANAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS 7-F SMP 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Marheni Prihatinningsih - 10405247008.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan metode Mind Mapping untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman materi IPS peserta didik di kelas 7 F SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dilakukan penilaian pada setiap akhir siklus untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi dan penguasaan peserta didik terhadap materi IPS. Tindakan yang diberikan berupa penerapan metode Mind Mapping sebagai upaya memperbaiki pemahaman pembelajaran IPS dan meningkatkan partisipasi peserta didik serta penguasaan materi IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Mind Mapping berhasil meningkatkan partisipasi belajar peserta didik dan penguasaan materi IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas peserta didik. Peserta didik memiliki keberanian untuk bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan bekerja sama dengan sesama anggota kelompok untuk membuat Mind Mapping dan mempresentasikan di depan kelas. Peningkatan penguasaan materi IPS dapat dilihat dari perolehan nilai peserta didik sebelum diberikan tindakan, yakni rata-rata 68,1 menjadi 71,6 pada siklus I. Peserta didik yang mencapai ketuntasan sebelum diberikan tindakan sebanyak 25 peserta didik ( 73,53%) meningkat menjadi 29 peserta didik (85,29%). Nilai rata-rata pada siklus II menjadi 77,9 dan peserta didik yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 34 peserta didik (100%). Metode Mind Mapping yang dikombinasikandengan metode lain mampu meningkatkan penguasaan materi IPS di kelas 7 F SMP Negeri 15 Yogyakarta, karena pembelajaran dengan metode Mind Mapping dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, IPS, SMP, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 04:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23384 |
Actions (login required)
View Item |