KESIAPAN DAN KENDALA GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MAGELANG

MUSAROFAH, FITA (2014) KESIAPAN DAN KENDALA GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo FITA MUSAROFAH.swf - Accepted Version

Download (13MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo FITA MUSAROFAH.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesiapan guru mata pelajaran geografi (2) proses pelaksanaan pembelajaran (3) sistem penilaian (4) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru SMA di Kota Magelang dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi SMA yang ada di Kota Magelang. Objek penelitian ini berupa kesiapan guru, proses pelaksanaan pembelajaran, sistem penilaian dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru SMA. Setting penelitian mengambil tempat di SMA Kota Magelang yang telah menggunakan Kurikulum 2013, yaitu SMA Negeri 1 Kota Magelang dan SMA Negeri 2 Kota Magelang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data model interaktif dari Mathew B. Milles dan Michael Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesiapan guru mata pelajaran geografi SMA di Kota Magelang terkait persiapan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 telah terencana dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran yang berupa RPP serta pemahaman yang dimiliki guru mata pelajaran geografi terhadap Kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran geografi SMA di Kota Magelang telah terlaksana dengan cukup baik. Walaupun pada kenyataan masih ditemui guru di sekolah yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yang disebabkan oleh pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 yang masih perlu untuk ditingkatkan. (3) Penilaian mata pelajaran geografi dengan Kurikulum 2013 SMA di Kota Magelang sudah mencoba untuk menerapkan kurikulum baru dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penilaian yang dilakukan guru seperti penilian dari proses atau keaktifan siswa, penilaian antar sejawat, portofolio yang sesuai dengan Kurikulum 2013 (4) Kendala yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum 2013 antara lain kendala dalam penilaian, keterbatasan buku teks pelajaran, metode scientific yang belum maksimal, dana untuk praktik lapangan geografi masih kurang, kurangnya waktu dalam pembelajaran di kelas, ketersediaan fasilitas sekolah khususnya untuk mata pelajaran geografi yang belum memadai serta silabus untuk lintas minat belum ada dari pusat. Namun, dari berbagai kendala yang dihadapi telah dilakukan upaya untuk mengatasinya. Kata kunci : kurikulum 2013, implementasi, guru geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item