ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INDEKS TUNGGAL (Studi Empiris pada Saham yang Masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia periode Desember 2012-November 2014)

Akbriani, Rosiana (2015) ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INDEKS TUNGGAL (Studi Empiris pada Saham yang Masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia periode Desember 2012-November 2014). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RosianaAkbriani_11408144019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saham-saham yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia yang tergolong dalam portofolio optimal periode Desember 2012-November 2014. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya proporsi dana masing-masing saham dalam pembentukan portofolio optimal. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh saham yang masuk dalam penghitungan Jakarta Islamic Index (JII) yang dipublikasikan 6 bulan sekali yang berjumlah 30 saham. Teknik pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 23 saham sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah return saham, return pasar, risiko saham, dan risiko pasar. Metode analisis data menggunakan model Indeks Tunggal. Berdasarkan hasil penelitian untuk menentukan portofolio optimal saham dengan model Indeks Tunggal menunjukkan bahwa: (1) terdapat 5 saham yang memenuhi kriteria pembentukan portofolio optimal yaitu saham UNVR (Unilever Indonesia Tbk), KLBF (Kalbe Farma Tbk), PGAS (Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk), BSDE (Bumi Serpong Damai, Tbk), dan ICBP (Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk). (2) besarnya proporsi dana yang layak diinvestasikan pada saham tersebut adalah 41,77% untuk saham UNVR (Unilever Indonesia Tbk), 47,52% untuk saham KLBF (Kalbe Farma Tbk), 9,69% untuk saham PGAS (Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk), 0,83% untuk saham BSDE (Bumi Serpong Damai Tbk), dan 0,19% untuk saham ICBP (Indofood CBP Sukses Makmur Tbk).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Portofolio Optimal, Model Indeks Tunggal
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 10 Jul 2015 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item