KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DAN BACKHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Taufiq Hidayat (2015) KEMAMPUAN PUKULAN FOREHAND DAN BACKHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Taufiq Hidayat.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi proses evaluasi permainan tenis meja dalam bentuk pelaksanaan tes untuk mengetahui gambaran kemampuan pukulan forehand dan backhand dalam permainan tenis meja siswa kelas V SD Negeri Krapyak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berada di SD Negeri Krapyak, terdiri dari 14 siswa putra dan 12 siswa putri dengan rata-rata umur 10 tahun. Obyek penelitian ini berupa ketepatan pukulan forehand dan backhand dengan back board test selama 30 detik. Setting penelitian mengambil tempat di SD Negeri Krapyak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Metode yang digunakan untuk meganalisis data adalah metode survei dengan teknik tes keterampilan dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pukulan forehand dalam permainan tenis meja siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Krapyak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman kategori tinggi sebesar 23,07%; kategori sedang sebesar 50,00%; dan kategori rendah sebesar 26,93%. (2) Kemampuan pukulan backhand dalam permainan tenis meja siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Krapyak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman kategori tinggi sebesar 19,23%; kategori sedang sebesar 57,70%; dan kategori rendah sebesar 23,07%. Kemampuan forehand dan backhand permainan tenis meja siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Krapyak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman berkategori cukup/sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pukulan, Forehand, backhand, Tenis Meja, Siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22885

Actions (login required)

View Item View Item