PENGEMBANGAN MODUL PENYELESAIAN PEMBUATAN GAMBAR BUSANA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Yuli, Puspitasari (2015) PENGEMBANGAN MODUL PENYELESAIAN PEMBUATAN GAMBAR BUSANA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yuli Puspitasari - 10513244036.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PENYELESAIAN PEMBUATAN GAMBAR BUSANA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PANDAK Oleh: Yuli Puspitasari NIM. 10513244036 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: 1) mengembangkan modul penyelesaian pembuatan gambar busana pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pandak, 2) mengetahui kelayakan mengembangkan modul penyelesaian pembuatan gambar busana pada mata pelajaran menggambar busana siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu: 1) analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Validasi modul dilakukan oleh ahli media, materi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk uji coba skala kecil, dipilih secara simple random sampling, dan 53 siswa untuk uji coba skala besar. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) mengembangkan modul dilakukan dengan a) analisis kebutuhan produk, dilakukan dengan menganalisis kurikulum, dan silabus, sehingga dapat diketahui kompetensi dasar yang memerlukan sebuah pengembangan modul, yaitu penyelesaian pembuatan gambar busana. b) mengembangan modul dilakukan sesuai rancangan pembuatan modul meliputi judul, pendahuluan, pembelajaran, evaluasi, dan penutup, c) validasi ahli dan revisi, dengan meminta bantuan para ahli untuk menilai modul, dan melakukan revisi sesuai saran, d) uji lapangan skala kecil, dengan mengujikan kepada 10 siswa, e) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir, modul diujikan pada 53 siswa Busana Butik, dan menghasilkan produk berupa modul penyelesaian pembuatan gambar busana. 2) kelayakan modul dilakukan dengan uji skala besar, diperoleh rata-rata skor 126.9, dan termasuk dalam kategori hasil sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa modul penyelesaian pembuatan gambar busana sudah memenuhi aspek fungsi dan manfaat modul, elemen mutu modul, karakteristik modul, materi penyelesaian pembuatan gambar busana, dan aspek kualitas materi, sehingga modul dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar penyelesaian pembuatan gambar busana pada mata pelajaran menggambar busana di SMK Negeri 1 Pandak. Kata kunci : Pengembangan, Modul, Penyelesaian Pembuatan Gambar Busana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Jun 2015 03:23
Last Modified: 30 Jan 2019 00:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21685

Actions (login required)

View Item View Item